whatsapp

fb   instagram   twitter    linked   

Sering Diabaikan, Ternyata 10 Tumbuhan Ini Bisa Dimakan lho!

26 Maret 2019 - 18:07:39 WIB Kategori Artikel : Blog

Yakin sudah pernah coba?

Tumbuhan terdiri atas beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Bagian-bagian tersebut antara lain akar, batang, daun, ranting, buah, serta bunganya. Namun, tahukah kamu bahwa gak hanya buah atau daun saja yang bisa diolah menjadi makanan sehari-hari. Batang maupun tunas dari suatu tumbuhan juga bisa dimakan lho!

Beberapa dari kalian pasti belum tahu bahwa bagian tumbuhan ini bisa di makan. Namun, gak semuanya bisa dikonsumsi lho! Berikut 10 tumbuhan yang ternyata bisa dimakan.

1. Pohon Pisang

Sering Diabaikan, Ternyata 10 Tumbuhan Ini Bisa Dimakan lho!pixabay.com

Siapa nih yang doyan banget makan buah pisang? Ternyata gak hanya buahnya lho yang bisa dikonsumsi! Batang pohon pisang juga bisa dimakan. Olahan makanannya sangat populer di Bali dan Lombok. Biasanya makanan tersebut diolah menjadi sayur dengan kuah santan.

2. Pohon Kelapa

Sering Diabaikan, Ternyata 10 Tumbuhan Ini Bisa Dimakan lho!pixabay.com

Kita bakal sangat mudah menemukan pohon kelapa di beberapa daerah. Mulai akar hingga daunnya, pohon kelapa memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia sehari-hari. Asal kamu tahu nih, bagian dari batang kelapa bisa diolah jadi sayur lho! Rasanya unik untuk yang baru pertama mencobanya, tapi tetap enak banget!

3. Pohon Bambu

Sering Diabaikan, Ternyata 10 Tumbuhan Ini Bisa Dimakan lho!pixabay.com

Gak cuma panda saja yang doyan makan pohon bambu nih. Ternyata, tunas muda pohon bambu ini bisa kita makan juga lho. Kalau kamu ingin mencobanya, bisa dibuah olahan sayur dengan kuah santan. Kalau gak suka santan, kamu bisa mengolahnya menjadi sayur bening. Enak juga kok!

4. Pakis

Sering Diabaikan, Ternyata 10 Tumbuhan Ini Bisa Dimakan lho!khasiat.co.id

Di beberapa daerah tertentu pasti sudah tidak asing dengan tumbuhan ini. Pakis menjadi salah satu sayuran populer yang banyak tumbuh di kebun atau di dalam hutan. Selain bisa diolah menjadi sayur berkuah, pakis juga bisa ditumis, dioseng atau diurap. Dicampur dengan bahan makanan lain seperti daging atau ayam makin nikmat!

5. Daun Turi

Sering Diabaikan, Ternyata 10 Tumbuhan Ini Bisa Dimakan lho!pinterest.com

Pernah dengar tumbuhan ini? Ada yang pernah mencoba makan daun turi? Kalau belum pernah, kamu wajib menyediakan waktu untuk mencobanya! Daun turi sangat cocok diolah menjadi sayur bening dan ditambah kacang panjang atau sayur hijau lain. Rasanya sangat segar dan cocok untuk kamu yang gak suka makanan berbumbu.

6. Daun Kelor

Sering Diabaikan, Ternyata 10 Tumbuhan Ini Bisa Dimakan lho!pinterest.com

Tumbuhan hijau satu ini juga sangat enak dibuat menjadi sayur. Kamu bisa mengolahnya menjadi sayur bening. Dijamin rasa masakanmu akan makin segar! Selain itu, kamu bisa menyandingkannya dengan ikan asin dan sambal. Wah, bikin nafsu makan meningkat dan nambah terus.

7. Antanan atau Pegagan

Sering Diabaikan, Ternyata 10 Tumbuhan Ini Bisa Dimakan lho!vineveracosmetics.com

Tanpa disadari, tumbuhan ini bisa jadi tumbuh di sekitar rumahmu lho! Coba perhatikan sekeliling halaman rumahmu. Biasanya tumbuhan ini diolah menjadi urap bersama sayuran yang lain. Tak hanya itu, tumbuhan menjalar ini sangat berkhasiat sebagai obat!

8. Sintrong

Sering Diabaikan, Ternyata 10 Tumbuhan Ini Bisa Dimakan lho!biolib.cz

Tahu tumbuhan ini gak? Namanya memang terdengar asing di telinga, tapi rasanya jangan diragukan! Dengan diolah menjadi urap atau dioseng, sintrong akan bikin kamu ketagihan! Apalagi ditambah sambal. Makin nikmat deh!

9. Daun Semanggi

Sering Diabaikan, Ternyata 10 Tumbuhan Ini Bisa Dimakan lho!pixabay.com

Kalau ini sih gak asing di telinga warga Surabaya. Daun semanggi biasanya diolah menjadi urap lengkap dengan saus dan kerupuk yang gurih. Sangat mudah menemukan makanan ini di beberapa tempat di Surabaya, salah satunya di sekitar Taman Bungkul.

10. Jonghe

Sering Diabaikan, Ternyata 10 Tumbuhan Ini Bisa Dimakan lho!khasiat.co.id

Ada yang tahu gak ini tumbuhan apa? Tumbuhan ini banyak tumbuh secara liar di kebun atau halaman rumah. Mungkin saja dia juga tumbuh di sekitar halaman rumahmu. Kalau menemukannya, kamu bisa mengolah jonghe menjadi lalapan atau dioseng. Rasakan sensasi rasa yang unik di lidahmu.

Sudah tahu kan kalau beberapa bagian tumbuhan tersebut bisa dikonsumsi manusia? Selain mengenyangkan, mengonsumsi tumbuhan tersebut juga sangat bermanfaat untuk kesehatanmu.


0 komentar

Beri Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)


Editor Choice
toko bunga

https://smallseotools.com/