Enam Pohon Paling Bersejarah yang Ada di Dunia

16 Mei 2018 - 07:35:33 WIB Kategori Artikel : Blog

Pohon merupakan tumbuhan berkayu yang ada di setiap penjuru dunia. Selain memiliki manfaat yang sangat besar bagi umat manusia, ada beberapa pohon di dunia yang menjadi saksi bisu sejarah penting umat manusia. Pohon-pohon tersebut masih ada hingga sekarang meskipun sudah melalui ratusan hingga ribuan tahun.

Berikut enam pohon paling bersejarah yang ada di dunia:

1. Pohon Sahabi


Bagi umat Muslim pohon ini merupakan tumbuhan yang sangat bersejarah. Pohon Sahabi tercatat dalam sejarah Muslim sebagai saksi bisu kebesaran Nabi Muhammad SAW. Pohon yang tumbuh di padang pasir Jordania ini dulunya menjadi tempat pertemuan Buharia dan Nabi Muhammad.
Dikisahkan dari sejarah dimana kala itu saat Muhammad kecil diminta untuk menjaga beberapa ekor unta pohon ini bergerak menunduk dan melindungi Nabi Muhammad dari panas terik matahari di padang pasir Jordania.

2. Pohon Kalayan


Pohon Kalayaan yang berarti kebebasan ini adalah simbol revolusi bagi warga Filipina. Menurut kisahnya, pohon yang berada di sekitar Basilica of Our Lady if Immaculace Conception di daerah Bulacan, Filipina dulunya menjadi tempat para pahlawan kemerdekaan Filipina yang kala itu di jajah oleh bangsa Spanyol. 

Pohon ini disebut sebagai pusat pertemuan anggota Katipunan yang berjuang dengan gigih untuk meraih kemerdekaan Filipina seperti Gregorio del Pilar, Don Pablo Tecson, Dona Basilia Tantoco, Isidoro Torres dan Padre Mariano Sevilla.

3. Jaya Sri Maha Bodhi 


Jaya Sri Maha Bodhi adalah pohon ara keramat yang berada di Anuradhapura, Sri Lanka. Pohon tersebut dipercaya sebagai cabang pohon Sri Maha Bodhi yang ada di Bodh Gaya. Jaya Sri Maha Bodhi terlindung oleh pepohonan ara yang melingkupinya. Pada tahun 2014, pemerintah Sri Lanka melarang pembangunan dalam radius 500 meter dari situs Jaya Sri Maha Bodhi. 

Lokasi tempat pohon ini berada dianggap sebagai salah satu situs sejarah paling penting di Sri Lanka. Setiap tahun, tempat ini menjadi tujuan ziarah populer bagi umat Buddha dari seluruh dunia.

4. Pohon Chankiri


Chankiri, nama pohon ini berarti pohon pembunuhan. Nama yang terdengar menyeramkan ini berkaitan dengan periode terkelam dalam sejarah Kamboja. Pohon Chankiri adalah bagian dari Ladang Pembantaian Khmer Merah. 
Sekarang Pohon Chankiri dan seluruh situs Ladang Pembantaian diabadikan sebagai monumen bersejarah untuk mengingatkan dunia atas kebrutalan rezim Khmer Merah dan sebagai penghormatan kepada para korban.

5. Pohon Caesarboom 


Pohon tua ini diyakini sebagai saksi sejarah kejayaan Julius Caesar. Konon pohon ini digunakan Caesar sebagai tempat berteduh dan mengikat kudanya pada masa perjuangan melawan Belgia. Dalam sebuah literatur tertulis, pohon caesarboom sekarang tumbuh di dekat bangunan dengan ciri-ciri yang sama persis dengan rumah disamping caesarboom pada abad 15. Saat ini Pohon yang diperkirakan berumur 2000 tahun ini dijadikan monumen nasional Belgia.

6. Pohon Chene Chapelle


Pohon Chene Chapelle yang terletak di daerah Allouville, Perancis merupakan pohon yang memiliki bentuk sangat unik, pasalnya di dalam rongga pohon telah disulap sebagai Kapel bagi umat Kristiani. Tapi jangan salah pohon yang diperkirakan telah berusia sekitar 1.000 tahun ini memiliki sejarah yang paling penting bagi warga Perancis, dimana dulunya pohon ini merupakan lambang pemerintahan bagi Kerajaan dan Gereja dalam masa revolusi Perancis.


0 komentar

Beri Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)


Editor Choice
toko bunga

https://smallseotools.com/